Read Time:2 Minute, 35 Second

NTT, kupang-media.net | Kodim 1604/Kupang dan Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan Karya Bakti mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit di Jalan Timor Raya sekitar Pasar Oesapa, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Oesapa, Kota Kupang Jumat (08/12).

Karya bakti yang diikuti sekitar 1.200 orang dari Unsur TNI,Polri, Pemerintah Daerah dan unsur masyarakat ini dipimpin oleh Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang,S.H.,M.M dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo menyampaikan tujuan dan sasaran karya bakti.

“Tujuan kegiatan Karya Bakti ini untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau, bersih dan sehat serta guna antisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit. Adapun Sasaran kegiatan Karya Bakti meliputi pembersihan sampah, saluran air yang menyebabkan banjir dan bersarangnya nyamuk khususnya daerah pertokoan, pasar, perkantoran, pemukiman padat penduduk dan daerah lainnya.” ujarnya

Karya Bakti Pencegahan Banjir dan Penanaman Anakan Pohon tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat ini, merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Darat, sebagai wujud nyata kepedulian TNI AD, Korem 161/Wira Sakti, guna mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pembersihan lingkungan dan reboisasi atau penanaman pohon kembali, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah banjir di wilayah dalam musim penghujan saat ini.

“Kegiatan ini juga merupakan aktualisasi dari salah satu Tugas Pokok TNI dalam pelaksanaan Tugas Operasi Militer Selain Perang, yang dapat terlaksana berkat adanya dukungan sinergitas yang tinggi antara Korem 161/Wira Sakti dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat di wilayah, sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang harus senantiasa dibangun dan ditingkatkan”, jelasnya.

Di akhir amanatnya Danrem 161/Wira Sakti mengajak seluruh komponen masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang, untuk satukan komitmen dan senantiasa menjaga kebersihan serta keasrian lingkungan di sekitar kita, jadikan Kupang sebagai Kota Kasih yang Green and Clean”, tutupnya.

Sementara itu, Masrukhan, warga RT 11, disela-sela kegiatan karya bakti menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini.

“Bapak merasa senang sekali adanya kegiatan ini kami kalau saat musim hujan pasti airnya meluap di jalan maupun di dalam rumah, dengan adanya pembersihan saluran air seperti ini saya sangat-sangat bersyukur kepada TNI jajaran Korem 161 Kupang,” jelasnya

Masrukhan berharap kedepan mudah-mudahan dengan berjalannya waktu, kegiatan seperti ini bisa diulang lagi.

“Adanya banjir di Oesapa ini karena saluran nya agak mampet, dengan adanya TNI AD berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan ini, khususnya mengenai sampah ini bisa berkelanjutan karena tingkat kesadaran masyarakat yang membuang sampah ini bukan pada tempatnya, sehingga sampah-sampah tersebut akan masuk ke parit”, Kata Masrukhan.

Hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda Prov NTT, Pj Walikota Kupang dan Dinas terkait tingkat Prov NTT.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Staf Korem 161/Wira Saki, Kasiter Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, Kasdim 1604/Kupang, Danyon Armed, Danyon Arhanud, Brimob Polda NTT, Polresta Kupang, Dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana, unsur pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan, serta seluruh masyarakat RT 10, 11, 17, 18,19,21 dan RT 22 ikut bersama sama membersihkan sampah-sampah baik di selokan maupun di pasar. ( *AB

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Ingin Bertemu Pak Presiden di Kupang, Ini 7 Tempat yang Akan Dikunjungi JOKOWI Besok
Next post Pj. Walikota Fahrensy Minta, Jemaat GMIT, Jaga Kekondusifan Kota Kupang