Read Time:2 Minute, 24 Second

NTT, kupang-media.net | Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., selaku Dansatgas Pamwil NTT, memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI dan Ibu Hj Iriana Joko Widodo beserta rombongan, di lapangan Kantor Bupati Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin (04/12/2023).

Apel gelar pasukan itu di mulai pada Pukul 08:00 Wita, diikuti oleh personel gabungan TNI dan Polri serta aparat terkait yang ada di wilayah NTT.

Pangdam IX/Udayana selaku Pangkogasgabpad (Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu) Pam VVIP Wilayah Bali Nusra, Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc., dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 161/Wira Sakti mengatakan, kunjungan kerja Presiden RI di wilayah Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Manggarai Barat, Nagekeo dan Kota Kupang dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 6 Desember 2023.

“Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden merupakan salah satu tugas pokok TNI sebagaimana tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai pasal 7 ayat 2 Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia butir ke 7 bahwa salah satu tugas TNI adalah mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya”. Kata Pangdam.

Lanjut Pangdam dalam setiap pelaksanaan pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP. “Segala sesuatunya jangan dianggap sebagai kegiatan yang biasa dilaksanakan, namun jadikan sebagai hal yang baru sehingga memotivasi seluruh anggota untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab”, Tandas Mayjen Harfendi.

Dengan demikian, apel gelar pasukan sangat perlu dilakukan guna mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan Satgas Pengamanan VVIP secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya, serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan. Selain itu, apel gelar ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya.

Agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan tertib, aman dan lancar, maka seluruh personel Satgas Pam VVIP harus memahami serta menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas tanggung jawab masing-masing, senantiasa peka terhadap segala kemungkinan ancaman dan gangguan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menggagalkan kesuksesan kunjungan kerja Presiden RI di wilayah Provinsi NTT dan jangan pernah ragu dalam bertindak.

Utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing. “Kemudian, jaga sikap dan perilaku selama bertugas, sebab dalam pelaksanaan pengamanan tentunya akan bersentuhan dengan masyarakat”, pintanya.

Diwaktu yang sama, dilaksanakan juga Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI dan Ibu Hj Iriana Jokowi beserta rombongan, yang dipimpin oleh Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi di Lapangan Apel Makorem 161/Wira Sakti Kupang.

Sementara berita ini diturunkan akan berlangsung juga Apel gelar pasukan pada kegiatan yang sama, rencana dipimpin Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deny Wahyu Setiyawan,S.H di Halaman Kantor Bupati Nagekeo.( **

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post PIKI NTT Tolak Program Pembiakan Nyamuk Wolbachia & Warga Kota Jangan Dijadikan Kelinci Percobaan
Next post Pangdam IX/Udayana Hadiri Penandatanganan Kerja Sama Dengan Polda NTT