Read Time:2 Minute, 8 Second

NTT, kupang-media.net | Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi membuka pembekalan kader warga terlatih Ta.2023,guna membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela Negara, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

Kegiatan pembekalan berlangsung di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti, Oebufu Kota Kupang, Senin (09/10)

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain; Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kampasi mewakili Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., Sekaligus Membuka Kegiatan Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem T.A 2023, Ketua Tim Pusat Kolonel Inf Iwan Budiarso, S.Sos, Kasiter Kasrem 161/Wira Sakti Letkol Inf Augusto Moniz Lopes, para pelati dan pembina dari Korem 161/WS.

Dalam sambutan Komandam Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., yang di bacakan oleh kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Simon Petrus Kamlasi mengatakan, guna terwujudnya sistem pertahanan yang bersifat semesta, TNI AD melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan memberikan pembekalan kepada kader warga terlatih.

Kegiatan ini memiliki tujuan mulia dengan memberikan pelatihan, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran dalam bela negara sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka pertahanan Negara.

Namun ia meminta kepada kader warga untuk memahami, bahwa pelatihan ini bukanlah bentuk pelatihan kemiliteran atau militerisasi, tetapi merupakan pelatihan untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela negara.

“Sikap dan karakter yang dicirikan oleh adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan mental,” ujarnya

Selain itu, Pelaksanaan pelatihan rencana akan diselenggarakan selama 3 hari. Adapun materi yang dilatihkan adalah pemantapan jiwa nasionalisme, Pancasila sebagai ideologi negara, psikologi lapangan, pengetahuan kesehatan lapangan, navigasi darat, PPM, PBB, penanggulangan bencana, pengenalan materi Wanwil dan pengenalan drone. “Kepada para peserta, saya berharap agar kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya guna menambah wawasan.

Kegiatan Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem T.A 2023 sebanyak 35 peserta, terdiri dari 25 orang Putra dan 10 orang putri, terdiri dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 961/Rajawali Hitam, Undana, Satuan Menwa 962/ Jaguar Merah Politeknik Negri Kupang, Satua Menwa 963/ Panca Sakti Poli Tani Negeri Kupang, Satpol PP Provinsi NTT, Security, Polisi Kehutanan, HIPAKAD, FKPPI.

Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem T.A 2023, mengangkat Tema “Kader Rakyat Terlatih Yang Patriot Dan Cinta Tanah Air”.(*Arif Bait

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kontigen Parkemi NTT, Boyong Dua Medali Emas di Kejuaraan Dunia Tokyo Jepang
Next post Danrem 161/Wira Sakti hadiri Taklimat Akhir Pengawasan Current Audit Itjenad TA 2023