Read Time:1 Minute, 7 Second

Oelamasi,- Dana bantuan stimulan bagi masyarakat  terdampak bencana badai siklon tropis seroja di kabupaten Kupang, diketahui masih tersisa Rp.46 Miliar lebih.

Hal ini diketahui dari keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang, Titus Semuel Tinenti, yang dikonfirmasi Rabu (03/05/23) melalui pesan singkat Whatsapp, saat ditanya soal penyaluran dana bantuan seroja pada tahap Penyintas.

Dirinya menyebutkan, dana tersisa tersebut adalah merupakan hasil verifikasi/ validasi termasuk yang menolak/ menerima, melalui monitor dan evaluasi dari Inspektorat Utama BNPB, yang memberikan signal adanya potensi sisa dana sebesar Rp.46 Miliar lebih.

Menurutnya, Sisa dana ini sebagian masih di rekening penerima dan sementara ditarik dan ditampung di rekening Dana Siap Pakai (DSP) BPBD, tanpa dikenakan bunga serta biaya administrasi  dan sebagiannya sudah di rekening virtual BNPB. Dari kelebihan dana tersebut, direncanakan akan dilakukan penyaluran selanjutnya ke pihak “Penyintas setelah mendapatkan hasil review dari BNPB Pusat.

“Terkait dengan Penyintas, belum ada penyaluran karena kami sementara finalisasi dokumen untuk diajukan ke BNPB. Alokasi dana ini akan dilakukan per/ kepala keluarga, setelah diputuskan oleh Inspektorat Utama BNPB.

“Direncanakan pada hari Selasa atau Rabu minggu depan, kami akan segera mengantarnya (dokumen Penyintas) ke BNPB”, ungkapnya.

Ditanya soal apakah semua kepala keluarga yang telah ditetapkan dalam usulan Penyintas akan mendapatkan dana bantuan tersebut, dirinya menguraikan semuanya kembali pada hasil verifikasi dan validasi APIP BNPB.(*Erik)

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Anggota DPRD Minta Bentuk Pansus Seroja, Ketua DPRD: “Saya Belum Menyatakan Sikap”
Next post Terkait Dana Seroja: SK BNPB Tidak Boleh Dibatalkan Bupati Korinus Masneno