Read Time:2 Minute, 28 Second

NTT, kupang-media.net | Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) Rabu,(15/2) melakukan kunjungan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung sarana dan pra sarana penunjang pelayanan bagi para pengunjung dan juga memberian masukan terkait penataan pelayanannya.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur memantau alur pelayanan bagi pengunjung perpustakaan mulai dari loket, tata cara pendaftaran menjadi anggota perpustakaan, juga meninjau ruang sirkulasi (ruangan untuk peminjaman dan pengembalian buku serta untuk pembuatan kartu anggota). Gubernur juga mengunjungi ruang baca lantai 1 dan 2 serta ruang otomasi (ruangan server dan aplikasi layanan perpustakaan).

Gubernur VBL disela-sela kunjungan tersebut juga memberikan arahan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTT, Kanisius Mau bersama jajaran staf untuk pengembangan layanan agar semakin menarik minat pengunjung.

“Sudah lumayan baik untuk penataannya, namun juga perlu ditingkatkan dengan lebih menarik lagi agar pengunjung merasa betah untuk datang dan membaca. Seperti dengan memanfaatkan ruangan untuk dikembangkan menjadi cafe dengan lantunan musik sasando juga disini. Jadi orang yang datang untuk membaca menjadi terhibur juga dengan suasana yang santai. Tidak menjadi kaku. Sehingga suasana tersebut membuat mereka nyaman saat membaca ataupun bisa berdiskusi dengan rileks satu sama lain mengenai ilmu pengetahuan atau hal positif lainnya,” ujar Gubernur.

“Jadi kita harus tingkatkan pelayanan publik untuk menjaga kredibilitas kita. Juga di sudut-sudut ruangan bisa ditampilkan informasi terkait kemajuan-kemajuan pembangunan daerah ini. Tampilkan pembangunan dari setiap daerah yang menjadi kekuatan ekonomi. Jadi tempat ini menjadi pusat informasi dan juga pusat pengetahuan bagi banyak orang. Kita sebagai penyedia informasi dan juga pengetahuan,” kata Gubernur.

Gubernur juga meminta Kepala Dinas serta jajaran staf Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT untuk juga merapikan serta menjaga penataan arsip-arsip dan dokumen penting terkait catatan perjalanan Provinsi NTT dari waktu ke waktu.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT, Kanisius Mau memberikam respon positif terhadap arahan Gubernur. “Terima kasih atas kunjungan dari Bapak Gubernur serta beberapa arahan yang diberikan dan kami siap untuk membenahi sesuai arahan beliau untuk peningkatan pelayanan kami terhadap publik dan para pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT ini,” katanya.

Dalam kunjungan Gubernur tersebut, beliau juga menyempatkan diri untuk foto bersama siswa-siswi Sekolah Dasar Kasih Yoel yang datang berkunjung. Tampak juga beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang datang untuk membaca dan meminjam buku untuk keperluan literatur perkuliahan dan ada juga yang mengerjakan tugas dengan layanan komputer dan internet yang ada.

Salah seorang mahasiswa Universitas Nusa Cendana, Febe Letedara, mengungkapkan dirinya bersama teman-teman sangar merasa terbantu dengan pelayanan dan fasilitas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT.

“Disini kami dilayani dengan ramah sehingga kami pun merasa nyaman. Terima kasih juga atas ketersediaan literatur buku-buku disini yang sangat membantu kami dalam mencari referensi terkait tugas kuliah. Dan kami juga merasa senang dengan fasilitas layanan internet yang ada. Harapan saya bersama teman-teman adalah perpustakaan ini juga bisa menyediakan buku-buku ilmiah yang sudah diperbarui atau disesesuaikan perkembangan dan kebutuhan literatur ilmiah mahasiswa saat ini,” ujar mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Kesehatan dan Masyarakat Undana ini.(**

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Daniel Maro, Resmi Pimpin PDAM Kota Kupang Sampai 2028
Next post Donor Darah & Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Bukti Kasih Sayang Pemuda Mangga 2 NBD untuk Sesama