Read Time:4 Minute, 16 Second

NTT, kupang-media.net | Gubernur Nusa Tenggara Timur menerima Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bertempat di Ruang Kerja Gubernur NTT, Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT Jumat,(10/2)

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan, “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pak Konjen dan rombongan, karena pada hari ini berkenan berkunjung ke NTT, dan menyampaikan berbagai hal yang sudah dan akan dilaksanakan, dalam rangka peningkatan hubungan kerja sama yang saling mendukung untuk pemberdayaan masyarakat dan pengentasan masalah kemiskinan di Nusa Tenggara Timur.

Saya berterima kasih sekali karena Pemerintah RRT melalui pak Konjen sudah melakukan berbagai kontribusi dalam bentuk kerja sama di berbagai sektor khususnya Kesehatan, Pendidikan, Poilitik, Ekonomi, Perdagangan dan Kemairtiman,”Ungkap Gubernur Laiskodat

Orang nomor satu NTT ini juga berharap kerja sama yang selama ini telah dilaksanakan dapat berkelanjutan di masa yang akan datang demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat NTT.

“NTT begitu kaya dengan rumput laut, dimana rumput laut yang dimiliki berkualitas ekspor, dan beberapa waktu lalu rumput laut kami sudah kami ekspor ke Tiongkok, dan sementara ini ada beberapa pengusaha rumput laut Tiongkok, yang sementara mengembangkan usahanya di NTT, termasuk akan mendirikan pabrik pengembangan rumput laut di NTT.”Harap Bungtilu

Untuk itu saya meminta bantuan dari Pak Konjen untuk mengajak semua teman pengusaha Tiongkok untuk mengembangkan rumput laut di NTT, karena rumput laut di NTT berkualitas tinggi dengan cita rasa yang berbeda dari rumput laut yang ada di tempat lain di Indonesia, ”Pinta Gubernur VBL.

“Terima kasih sekali untuk bantuan sarana penyedia air bersih yang sudah diberikan kepada masyarakat NTT, khususnya bagi masyarakat di Kelurahan Bakunase II Kota Kupang yaitu alat AQUAir. Bantuan alat ini sangat bermanfat untuk menjawab kebutuhan air minum yang layak dikonsumsi oleh warga setempat. Kami berharap kedepan sarana ini tidak saja diberikan bagi warga Kota Kupang, tetapi juga kepada masyarakat di tempat-tempat lain yang ada di NTT”, Harap Putera Semau ini.

Turut mendampingi Gubernur Laiskodat antara lain; Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga : Anwar Pua Geno, Pelaksana Tugas Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT : Dr. Ir. Alfonsus Theodorus, ST, MT.

Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga Anwar Pua Geno  juga menyampaikan bahwa, “Saat ia bertemu dengan Dubes RRT untuk RI beberapa waktu, ia sangat berterimakasih karena makin banyak warga Tiongkok yang berkunjungan dan menikmati panorama eksotik Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Premium di Indonesia, khususnya Komodo sebagai Reptil Raksasa Purba yang cuma ada di TNK, Mabar, NTT.

“Pemerintah Provinsi NTT selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat bekerja keras memajukan NTT. Kami tengah berusaha secara serius untuk mengembangkan semua potensi yang ada di NTT, khususnya pertanian, perindustrian dan kemaritiman untuk mengatasi kemiskinan di NTT. Saat ini kita gencar lakukan budidaya garam dan kelor, juga Energi Baru Terbarukan, karena memang NTT kaya akan SDA ini. Pengembangan ini dengan melibatkan dan memberdayakan seluruh masyarakat agar masalah kemiskinan dapat teratasi”, jelas Gubernur VBL.

Salah satu Pendiri Partai Nasdem ini juga berharap agar kedepan Pemerintah RRT melalui Konjen RRT di Bali dapat memberi bantuan benih padi terbaik dari Tiongkok, untuk dapat dikembangkan di NTT, sehingga dapat mendorong keterlibatan masyarakat dalam memajukan pertanian dengan program TJPS, yang sementara dijalankan oleh Pemerintah Provinsi NTT.

“Silahkan untuk hal ini dapat koordinasikan perencanaannya dengan Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT yang hadir saat ini, dan bisa juga dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT. Kami juga sementara melakukan kerja sama dengan Brazil, untuk pengembangan peternakan sapi di Pulau Sumba, untuk menjawab kebutuhan konsumsi daging sapi” tambah Gubernur VBL.

Gubernur VBL mengajak Konsul Zhu Xinglong untuk berkunjung ke Labuan Bajo, sekaligus berharap agar kedepannya banyak wisatawan dari Tiongkok yang akan berkunjung ke NTT,  dengan menggunakan fasilitas penerbangan langsung dari Tiongkok ke Indonesia.

“Labuan Bajo sebuah destinasi super premium yang sangat indah dan eksotik, apalagi saat ini juga Labuan Bajo tengah didandani untuk menjadi tempat penyelenggaraan ASEAn Summit tanggal 5 s.d. 7 Mei 2023 mendatang”, ungkap Gubernur VBL penuh keyakinan.

Sementara itu Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Bali Zhu Xinglong mengatakan bahwa Presiden RRT, Xi Jinping, sudah bertemu dengan Presiden Republik  Indonesia Jokowi, untuk pengembangan sektor politik, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kemaritiman yang akan dikembangkan lebih serius lagi di tahun 2023 ini. Zhu Xinglong.

“Hal tersebut sudah disampaikan, saat Presiden Xi Jinping bersama saya bertemu Presiden Jokowi di KTT G-20 September 2022 lalu di Bali. Di hari pertama tahun baru Imlek 22 Januari 2023 lalu, ada sekitar 200 wisatan dari Tiongkok yang sudah berkunjung di Provinsi Bali, dan saya berharap kedepan makin banyak wisatawan dari Tiongkok yang akan berkunjung ke NTT, tentunya dengan menggunakan fasilitas penerbangan langsung dari Tiongkok ke NTT”,  kata Zhu Xinglong telah menjabat Konjen RRT di Bali sejak 2020 lalu, seraya menyampaikan permohonan maaf, karena baru bisa berkunjung dan menemui langsung Gubernur NTT setelah Pandemi Covid reda.

Mendengar harapan dari Konjen Zhu Xinglong, Gubernur VBL sangat antusias menanggapinya, agar harapan tersebut segera terwujud untuk mendukung Pariwisata di NTT sebagai Prime Mover Pembangunan NTT.

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Zhu Xinglong didampingi Para Konsul Muda, masing-masing : Li JianKun dan Tang Lingyi (Hannah) sekaligus sebagai Interpreter Konsulat RRT di Bali (*AMB

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 500 Pelaku Usaha Perikanan Kota Kupang, Hari ini Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan
Next post JADILAH KADER GMKI YANG TINGGI IMAN, TINGGI ILMU & TINGGI PENGABDIAN